Lokakarya Mini Puskesmas Ambal 1

Tingkatkan koordinasi, Maksimalkan Mutu Pelayanan

Seluruh karyawan Puskesmas Ambal 1 secara rutin melaksanakan Rapat rutin lokakarya mini setiap bulannya. Hal ini digunakan untuk meningkatkan koordinasi dan menjalin kerjasama antar unit pelayanan. Dalam rapat ini diagendakan sistem pelaporan hasil  setiap pemegang unit program dan penyampaian rencana kerja selama sebulan berikutnya. Dari kegiatan ini, masalah-maslah yang ditemukan dibahas bersama hingga menemukan solusi. 

Lokarkarya ini merupakan program dari bagian Admin Puskesmas. Semua karyawan berikut dengan seluruh bidan desa wajib hadir dalam acara tersebut. Lokakarya yang dilakukan Selasa, 14 Mei 2019 ini dimulai pukul 12.30 sampai dengan 15.00 WIB di aula Puskesmas Ambal 1. Mengingat masih dalam suasana bulan suci ramadhan, para peserta lebih mengefisienkan waktu penyampaian laporan, namun demikian rapat berjalan tertib dengan suasana kekeluargaan.

Lokakarya bulan ini, ditambahkan informasi tentang peningkatan sampah makanan selama bulan ramadhan yang disampaikan oleh kepala puskesmas. Hal ini, begitu memprihatinkan. Mengingat di bulan ramadhan yang seharusnya bulan suci dan bulan yang bersih namun peningkatan sampah plastik berbalik meningkat dari bulan-bulan lainya. Hal serupa juhga menjadi perhatiab di bagian pelayanan obat yang masih menggunakan plastik sebagai kantong obat pasien. Apoteker Puskesmas Ambal, Pak Anwar menyampaikan hal tersebut dalam lokakarya ini. Namun demikian, untuk hal medis penggunaan sampah plastik belum bisa digantikan. Sementara usul masih ditangguhkan.

Selain koordinasi, dalam lokakarya bulai Mei ini, disampaikan juga hasil sudit pelayanan tentang sistem rujukan yang sempat terjadi kesalahpahaman antar petugas dan pasien. Namun setelah dilakukan audit. penyampaian aspirasi berupa kritik pasien yang disampaikan lewat kotak saran mendapat tanggapan yang optimal dari pihak puskesmas dan mengusahakan pembalsan surat serta mengkomunikasikan surat balasan secara kekeluargaan dengan pihak pasien. Diharapkan koordinasi melelui lokakarya ini akan semakan terjaga, dan mutu serta kwalitas pelayanan semakin meningkat.
post by:enh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETA WILAYAH