Sosialisasi Covid-19 kepada Warga sekitar ODP



     Banyak warga desa yang belum paham tentang virus corona (Covid-19). Sehingga, Puskesmas Ambal 1 menggalakan sosialisasi keliling ke desa-desa binaanya.  Padahal kita tahu penyebaran virus ini sangat pesat dan belum terkendali secara baik di Indonesia. Maka dari itu, kegiatan ini merupakan hal penting untuk dilakukan. Sosialisasi yang dilakukan petugas Puskesmas Ambal 1 terkhusus bagian UKM bekerjasama dengan kader keluarga tingkat desa.  Kegiatan dilakukan secara berkelompok membentuk kelompok-kelompok kecil 10-15 orang di sekitar warga ODP dan pengumuman secara audio melalui speaker masjid di setiap desa. Hal ini merupakan salah satu bagian dari program inovasi Dering si Comen ( Kader Pendamping Keluarga Siaga Sovid 19 di Kebumen). Kegiatan ini berlangsung di setiap desa wilayah kerja Puskesmas Ambal 1.

Pendamping keluarga yang pada dasarnya  merupakan ibu rumah tangga yang masing-masing memiliki keluarga binaan. Setiap hari dilakukan pemantauan pendatang di keluarga binaanya. Dalam kegiatan sosialisasi ini dijelaskan tentang virus corona, cara pelaksanaan protokol kesehatan yang aman beserta gejala-gejala yang muncul dari penderintanya yang perlu diwaspadai bersama. Gejala umum dari dari virus ini seperti demam, batuk disertai sesak , sakit tenggorokan, sakit kepala dan ada riwayat kontak dengan pendatang atau penderita berasal dari luar daerah. Sosialisasi dilakukan secara terbuka tetap menerapkan Social distancing dan pentingnya pemakaian masker.

       Dalam pelaksanaannya bidan desa melakukan komunikasi intensif bersama kader penggerak kesehatan untuk menyampaikannya kepada warga desa, sehingga kegiatan bisa berjalan secara kondusif dan aman. Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan ini warga lebih waspada dan mau mengindahkan himbauan-himbuan tenaga kesehatan, sehingga penyebaran virus di tingkat desa bisa terkendali

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETA WILAYAH