Dering Si Comen Maksimalkan IT dan Penggunaan Media Sosial



      Ibu rumah tangga berpotensi dalam peran utama memutus rantai penyebaran Covid-19.  Kader Kesehatan di Wilayah Puskesmas Ambal 1 menjadi Kader Pendamping ( Dering ) Keluarga yang masing-masing memiliki keluarga binaan. Dering Si Comen adalah upaya siaga Covid-19 di Kebumen khususnya di Wilayah Puskesmas Ambal 1 dengan memberdayakan Dering Keluarga yang sejatinya adalah ibu rumah tangga bekerja sama dengan para ibu di keluarga binaannya sebagai mata-mata memutus penyebaran Covid-19.
       Permasalahan dihadapi Kabupaten Kebumen saat pandemi yaitu peningkatan jumlah pendatang dari wilayah zona merah Covid-19. Dering Si Comen mengambil peran utama dalam jogo tonggo memantau pendatang di keluarga binaannya. Dering Si Comen melaporkan setiap pendatang di keluarga binaannya melalui grup whatsap ke bidan desa / tim relawan maksimal jam 07.00 WIB, memantau kesehatan pendatang ataupun keluarga, memotivasi segera periksa di Puskesmas jika ada yang sakit, dan  menggerakkan keluarga binaan sekitar ODP untuk mengikuti sosialisasi Covid-19 yang dilakukan oleh petugas  sesuai dengan protokol kesehatan.Dering Si Comen (kader pendamping siaga covid-19 di Kebumen) berperan utama dalam jogo tonggo memantau pendatang di keluarga binaanya. Berikut merupakan salah satu contoh pemanfaatan media sosial melalui WA untuk media koordinasi pelaksanaan sosialisasi dan media pelaporan data pedatang di desa. Dalam pelaporanya, kader menyampaikan identitas pendatang, asal kedatangan serta keadaan pendatang tersebut. Grup ini membantu kader untuk lebih mudah dalam komunikasi dan koordinasi dengan pihak tim relawan maupun bidan desa setempat.


        Dering Si Comen ini merupakan inovasi yang bisa direplikasikan di daerah lain karena mengacu pada sumber daya yang sudah ada yaitu kader kesehatan dan media alat komunikasi yang dimiliki setiap kader. Membuat sesuatu menjadi lebih mudah, hal inilah yang menjadi prinsip penggunaan tekhnologi. Tidak kalah dengan anak muda sekarang ini, Kader kesehatan juga harus mampu menggunakan kecanggihan tekhnologi komunikasi di era sekarang ini. 
         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETA WILAYAH