Puskesmas Ikut Berperan Aktif dalam Pencegahan Virus Corona



Siapa pun dapat terinfeksi virus corona. Akan tetapi, bayi dan anak kecil, serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap serangan virus ini. Selain itu, kondisi musim juga mungkin berpengaruh. Contohnya, di Amerika Serikat, infeksi virus corona lebih umum terjadi pada musim gugur dan musim dingin. Maraknnya Berita tentang penyebaran virus corona membuat dinas kesehatan bersikap sikap dalam menanggapi kasus tersebut. Berbagai antisipasi dan langkah pencegahan pun dilakukan.

Puskesmas Ambal 1 ikut aktif dalam menanggapi penyebaran virus ini, selain dengan sosialisasi kepada masyarakat secara lisan dan media cetak, Puskesmas kami juga turut menjaga posko corona di stasiun kebumen yang bekerjasama dengan 119. Hal ini merupakan salah satu langkah yang diambil oleh dinas kesehatan kebumen. Kegiatan ini mengerahkan hampir sebagian besar puskesmas di kebumen. Secara bergilir petugas ditugaskan pagi,siang dan malam untuk tetap siaga melakukan pengecekan suhu penumpang yang turun dan dicurigai terkena virus corona. Apabila ditemukan suhu tinggi, penumpang akan diberikan konseling tentang pentingnya pemeriksaan lanjutan. 119 disini ikut menyediakan ambulan yang siap terparkir rapi di pintu masuk stasiun. Diharapkan kendaraan tersebut bisa dilakukan untuk merujuk penumpang yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. Setiap shift jaga petugas diwajibkan melaporkan jumlah pasien yang diperiksa dan hasilnya kepada pihak dinas kesehatan.

Di sisi lain, petugas promkes puskesms ambal 1, Miyas Indra Utami,Amd.Keb., memberikan sosialisasi tentang corona  di beberapa kesempatan pertemuan baik dengan pasien maupun masyarakat luas. Masyarakat diharapkan dapat ikut mewaspadai wabah ini. Serta diharapkan bisa lebih sigap tanggap apabila mengetahui lingkungan atau keluarganya menemukan gejala-gejala dari penyakit corona ini.



by.enh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETA WILAYAH